Jenis Rumah Adat Gorontalo

Jenis Rumah Adat Gorontalo

Rumah bolon terbagi menjadi beberapa jenis antara lain rumah bolon simalungun rumah bolon toba rumah bolon karo. Berbagai upacara adat penerimaan tamu kenegaraan pesta perkawinan adat sampai kegiatan sosial dan keagamaan kerap dilangsungkan di tempat itu.

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan Romadecade

Sesuai namanya dolohupa yang dalam bahasa gorontalo berarti mufakat maka rumah adat ini juga lebih difungsikan sebagai tempat atau balai musyawarah masyarakat adat bandayo doluhupa.

Jenis rumah adat gorontalo. Blog budaya indonesia blog yang berisi pakaian adat rumah adat tari. Tempat ini juga merupakan pengadilan untuk mengadili seseorang atau memutuskan perkara perkara di masa pemerintahan kerajaan gorontalo silam. Rumah adat dan asalnya rumah adat di indonesia merupakan peninggalan yang harus kita jaga.

Salah satu artefak peninggalan leluhur di gorontalo adalah senjata tradisional gorontalo yang digunakan pada zaman dahulu untuk berperang atau sebagai alat bantu dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup. Selain doluhupa masyarakat gorontalo juga mengenal beberapa jenis arsitektur rumah adat lainnya seperti rumah adat po boide dan rumah adat gobel. Rumah adat ini berbentuk rumah panggung yang badannya terbuat dari papan dan struktur atap bernuansa daerah gorontalo.

Karena di beberapa daerah sangat di sayangkan rumah adat tradisional ini tidak terawat dengan baik. Informasi mengenai jenis jenis rumah adat gorontalo meliputi rumah adat dulohupa rumah adat bandayo poboide rumah adat malihe atau rumah adat potiwoluya dan rumah adat gobel. Sama halnya dengan rumah adat yang sebelumnya rumah adat poboide memiliki bentuk rumah panggung bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah kayu yang memiliki kualitas tinggi sehingga bisa bertahan sampai saat ini.

Rumah dulohupa juga disebut yiladia dulohupa lo ulipu hulondhalo oleh penduduk gorontalo. Rumah adat dulohupa ini letaknya di kelurahan limba kecamatan kota selatan kota gorontalo. Ciri khas rumah adat ini adalah mempunyai atap yang sangat berseni dengan struktur bangunan menyerupai rumah panggung.

Sebagaian besar bahan pembangunan dari rumah adat yang satu ini kebanyakan berasal dari bahan kayu asli sama dengan kebanyakan rumah adat di indonesia yang lainya. Rumah adat dolohupa merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi gorontalo. Berikut 18 senjata tadisional gorontalo koleksi rumah adat banthayo po boide berdasarkan jenisnya.

Rumah adat gorontalo bantayo poboide salah satu rumah adat bantayo poboide terdapat di depan kantor bupati gorontalo di limbotobantayo poboide mengandung pengertian rumah musyawarah adat. Oleh karena itu sebagai generasi muda kita harus melestarikan dan merawat rumah rumah adat yang ada di indonesia. Rumah adat doluhupo adalah rumah yang berasal dari gorontalo rumah adat di indonesia ini memiliki gaya atap yang berseni dengan struktur bangunan menyerupai rumah khas panggung.

Sesuai dengan namanya rumah adat ini adalah tempat yang digunakan bermusyawarah untuk mencapai mufakat. Rumah adat bandayo poboide di gorontalo berada di depan rumah dinas bupati gorontalo.

2 Gaya Unik Dari Rumah Adat Khas Gorontalo

2 Gaya Unik Dari Rumah Adat Khas Gorontalo

Nama Suku Tarian Lagu Daerah Senjata Rumah Pakaian Adat

Gorontalo Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Kumpulan Gambar Rumah Adat Indonesia Aceh Jawa Samapi Papua


0 Response to "Jenis Rumah Adat Gorontalo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel