Membuat Rumah Adat Lampung

Membuat Rumah Adat Lampung

Secara garis besar terdapat empat jenis rumah adat yang dimiliki oleh provisi tersebut yang diberi nama nuwo balak lamban balik lamban pesagi dan nowou sesat. Rumah adat dki jakarta kebaya.

Pakaian Adat Lampung Dan Filosofinya Sejarah Negara Com

Kemiripan bentuk dan kesamaan fungsi membuat teori ini cukup banyak diyakini.

Membuat rumah adat lampung. Hal inilah yang membuat masyarakat di lampung hanya membuat umbu saat ada acara adat ataupun acara acara penting lainnya. Penelusuran arkeologis memperkirakan bahwa badik mulai dikenal masyarakat lampung dari budaya masyarakat bugis yang merantau ke lampung di masa silam. Kali ini kita akan membahas tentang rumah adat yang berada di lampung.

Hal ini mencerminkan bahwasanya para nenek moyang bangsa indonesia merupakan orang yang cerdas. Rumah adat lampung setiap daerah memiliki adatnya masing masing seperti tarian budaya daerah kebiasaan dan rumah adat. Begitu juga dengan rumah tradisonal daerah di indonesia di setiap provinsi memiliki begitu banyak macam rumah adat.

Ini menyebabkan penduduk yang mendiami provinsi ini sangat heterogen. Rumah adat lampung memiliki sebutan yang cukup unik yaitu nuwou sesat. Rumah adat lampung atau di sebut juga lamban adat rumah adat lampung biasanya di bangun menggunakan bahan baku kayu papan dan bentuknya rumah panggung dan masayarakat lampung biasanya membangun rumahnya berjajar mengikuti jalan raya dan berhadap hadapan dengan dipisahkan oleh jalan raya itu bisa dilakukan karna pendududuk di lampung sendiri masih sedikit dan tanah kosongnya masih luas.

Ada banyak suku bangsa yang tinggal di provinsi ini di antaranya suku jawa sunda bali dan suku lampung sendiri. Rumah adat di indonesia begitu luas tentunya memliki banyak kekayaan alam keberaneka ragam agama suku budaya dan adat istiadat. Bentuknya yang tidak semewah nuwow sesat dan nuwow balak sangat sesuai dengan namanya yang berarti rumah kecil.

Rumah adat lampung nuwow lunik merupakan rumah adat lampung untuk rakyat biasa. Saat masa orde baru lampung menjadi salah satu pilihan transmigran untuk berpindah tempat. Bentuk dari senjata tradisional lampung jenis tikam ini bisa anda lihat pada gambar berikut.

Letaknya yang berdekatan dengan pulau jawa membuat lampung pada masa silam menjadi salah satu tujuan transmigrasi penduduk jawa. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya provinsi lampung memiliki bebeapa jenis rumah adat. Namun jika anda ke lampung untuk menjumpai rumah ini anda mungkin sedikit terkejut karena kebanyakan di zaman sekarang ini ukurannya cenderung lebih kecil daripada ukuran aslinya.

Nuwou sesat sendiri berasal dari bahasa lampung nuwou yang berarti rumah dan sesat yang berarti tempat ibadah. Pada dasarnya masyarkat di kota lampung sudah menjadikan umbu yang terbuat dari rotan ini sebagai makanan untuk dikonsumsi sehari hari namun seiring berjalannya waktu membuat membuat rotan pun semakin jarang di temui. Rumah adat indonesia asal lampung ini umumnya berukuran sangat besar.

Secara umum rumah ini hanya rumah panggung yang memiliki beberapa pilar dan tangga sebagai akses dari dan menuju ruangan utama. Rumah nowou sesat memiliki ciri khas panggung atap terbuat dari ilalang yang dianyam dinding dari kayu dan didirikan sejajar sepanjang jalan utama yang membelah kampung.

Foto Melihat Gaya Kuno Rumah Adat Lampung Di Negara Batin

34 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

83 Gambar Rumah Adat Lampung Dari Stik Es Krim Terbaik Gambar Rumah

Wana Desa Tradisional Warga Lampung Melinting Bobo

Jual Miniatur Rumah Adat Lampung Nuwo Sesat Dari Bambu


0 Response to "Membuat Rumah Adat Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel