Ciri Rumah Adat Betawi

Ciri Rumah Adat Betawi

Ciri khas dan nilai filosofi rumah kebaya dari pemaparan tentang desain arsitektur fungsi dan pembagian ruangaan di atas terdapat beberapa ciri khas sekaligus nilai filosofis yang terkandung dalam desain rumah adat betawi ini. Rumah tradisional suku betawi yang pertama yaitu rumah kebaya.

Rumah Adat Betawi Lengkap Jenis Rumah Ciri Khas Ruangan Dll

Jika atap rumah dilihat dari samping maka atap akan terlihat seperti lipatan kebaya.

Ciri rumah adat betawi. Rumah adat betawi dki jakarta lengkap gambar dan penjelasannya rumah rumah adat betawi dikelompokkan menjadi dua rona yaitu adat dilingkungan bagian dalam dan bagian pesisirrumah adat di lingkungan bagian dalam dapat dijumpai antara lain di daerah condet kebon jeruk ciputat. Ciri khas dan nilai filosofis tersebut di antaranya. Ciri khas dari rumah ini adalah rumah ini memiliki teras yang luas yang berguna untuk menjamu tamu dan menjadi tempat bersantai keluarga.

Ciri khas rumah betawi tipe gudang ini adalah denah berbentuk segiempat yang memanjang ke belakang. Ya rumah kebaya merupakan salah satu peninggalan budaya nenek moyang adat betawi dalam bidang arsitektur hunian yang masih dapat kita jumpai hingga saat ini. Ondel ondel kerak telor gambang kromong merupakan beberapa contoh budaya betawi yang tentu tidak akan bisa dilepaskan dari jakarta sebagai identitasnya di kancah.

Pakaian adat betawi dki jakarta meski secara historis suku betawi bukanlah suku asli dki jakarta kebudayaan dan adat istiadat dari suku ini semenjak dahulu terlanjur telah dikenal luas sebagai simbol atau ikon budaya jakarta. Rumah adat betawi yang satu ini memiliki ciri khas atap seperti pelana yang dilipat. Rumah adat betawi terdapat 2 jenis 1.

Selain itu pada rumah kebaya juga terdapat ruangan ruangan dengan berbagai fungsi. Rumah bapang atau sering disebut rumah kebayaciri khas rumah ini adalah teras rumahnya yang luas disanalah ruang tamu dan bale tempat santai pemilik rumah berada semi terbuka hanya di batasi pagar setinggi 80 cm dan biasanya lantainya lebih tinggi dari permukaan tanah dan terdapat tangga terbuat dari batubata di semen paling banyak 3 anak tangga. Atapnya berbentuk pelana dengan struktur yang tersusun dari kerangka kuda kuda.

Selain itu atap rumah betawi tipe gudang juga memiliki perisai yang ditambahkan jurai. Rumah adat betawi selain pakaian adat betawi yang telah kita bahas di artikel sebelumnya yang tak kalah penting untuk dilestarikan dari kebudayaan adat betawi adalah rumah kebaya. Dari situlah mengapa rumah ini diberi nama rumah kebaya.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai rumah adat sulawesi utara rumah adat kalimantan barat dan rumah adat jawa tengah kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai rumah adat dari suku betawi. Selain rumah kebaya suku betawi juga memiliki rumah adat lainnya seperti rumah gudang rumah joglo dan rumah panggung. Penamaan tata ruang khas rumah betawi.

Pada zaman dahulu masyarakat betawi membuat sumur di depan rumahnya dan pemakaman.

Tuk Melastarikan Budaya Yang Hampir Punah Camat Limo Bangun Rumah

Rumah Adat Betawi Lengkap Jenis Rumah Ciri Khas Ruangan Dll

4 Hal Utama Dari Rumah Adat Betawi Jarang Diketahui Umum

Ruang Belajar Siswa Kelas 7 Keunikan Sejarah Rumah Watak

Rumah Adat Jakarta Gps Wisata Indonesia


0 Response to "Ciri Rumah Adat Betawi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel