Atap Rumah Adat Lampung

Atap Rumah Adat Lampung

Dinamai demikian karena bentuk atap rumah ini memang tampak seperti sebuah limas. Rumah adat lampung nuwow lunik merupakan rumah adat lampung untuk rakyat biasa.

Dimana Letak Perbedaan Rumah Adat Lampung Dengan Rumah Gadang

Atap ujung bubungan atap rumah adat lampung memusat ke titik tengah bagian paling atas yang terbuat dari kayu bulat disebut dengan button.

Atap rumah adat lampung. Sedangkan disebelahnya juga ada walai atau lumbung padi yang berasal dari wonosobo kabupaten tanggamus yang. Sehingga dalam pembuatan rumah ini tergolong tidak terlalu memakan biaya yang banyak. Secara garis besar terdapat empat jenis rumah adat yang dimiliki oleh provisi tersebut yang diberi nama nuwo balak lamban balik lamban pesagi dan nowou sesat.

Salah satunya adalah propinsi lampung. Rumah adattradisi lampung atau yang bernama nuwou sesat adalah bukti eksistensi suku asli lampung di masa kelam. Rumah adat lampung setiap daerah di indonesia memiliki keunikan tersendiri.

Arsitektur rumah tradisional lampung lamban pesagi berbentuk panggung dan sebagian besar terdiri dari atap ijuk dan berbahan dasar kayurumah yang kini diboyong di museum lampung ini sudah berusia 300 tahunan yang berasal dari desa kenali kecamatan belalau kabupaten lampung barat. Wilayah yang menjadi pintu gerbang menuju pulau sumatera ini memiliki kebudayaan yang tak kalah menarik. Rumah adat lampung ini berbentuk rumah panggung dengan deretan tiang penyangga yang cukup tinggi.

Dari segi arsitekturnya rumah adat satu ini memiliki beberapa keunikan salah satunya ia memiliki lantai yang bertingkat tingkat. Lampung menjadi salah satu tujuan transmigran pada saat pemerintahan orde. Secara umum rumah ini hanya rumah panggung yang memiliki beberapa pilar dan tangga sebagai akses dari dan menuju ruangan utama.

Rumah adat lampung rumah adat lampung bernama nuwou sesat. Tujuannya adalah untuk menghindari serangan binatang buas mengingat letak rumah biasanya berada di dekat hutan. Bentuknya yang tidak semewah nuwow sesat dan nuwow balak sangat sesuai dengan namanya yang berarti rumah kecil.

Misalnya saja rumah adat lampung yang memiliki desain khas seperti rumah rumah di pulau sumatera. Sudah sulit sekali ditemui padahal rumah adat lampung ini tergolong yang bersitektur kayu minimalis. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya provinsi lampung memiliki bebeapa jenis rumah adat.

Rumah adat lampung umumnya terdiri dari bangunan tempat tinggal disebut lamban lambahana atau nuwou bangunan ibadah yang disebut mesjid mesigit surau rang ngaji atau pok ngajei bangunan musyawarah yang disebut sesat atau bantaian dan bangunan penyimpanan bahan makanan dan benda pusaka yang disebut lamban pamanohan. Sangat disayangkan sekali rumah adat yang berbentuk panggung dan atap berasal dari ilalang ini. Atap rumah adat nuwou sesat disebut dengan istilah rurung agung.

Di antara budaya lampung tersebut yang masih tetap lestari misalnya budaya arsitektur yang dapat dijumpai pada bangunan rumah adattradisinya sendiri. Di atas kayu bulat tersebut diletakkan satu kayu bulat lagi yang berlapis tembaga kemudian di atasnya ada 2 tingkat dari tembaga atau kuningan. Dan proses pembuatan rumah adat ini tidak terlalu sulit.

Ada beberapa keunikan sendiri yang bisa kita temukan dari rumah adattradisi yang pupuler ini.

50 Rumah Adat Di Indonesia Nama Gambar Dan Penjelasannya

35 Rumah Adat Di Indonesia Lengkap Beserta Gambar

Rumah Adat Lampung Filososfi Gambar Dan Penjelasannya Lengkap

Rumah Tradisional Sukadana Lampung Balai Pelestarian Cagar

34 Rumah Adat Provinsi Di Indonesia Lengkap Themoondoggies


0 Response to "Atap Rumah Adat Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel